Header Ads


Jangan Berputus Asa

Oleh Khairul Azan, Dosen STAIN Bengkalis & Ketua DPD GAMa Riau Kabupaten Bengkalis


“Apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu (Wahai Muhammad) tentang Diriku, maka jawablah, bahwa Aku ini dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu, maka hendaknya mereka itu memenuhi perintahKu dan hendaklah mereka yakin kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”.
QS. Al-Baqarah : 186

Hidup ini penuh akan teka-teki yang mesti dipecahkan oleh manusia. Dalam memecahkannya sudah hal yang biasa ketika kita dihadapkan dengan berbagai rintangan dan masalah. Itulah bumbu dari kehidupan. Tuhan ingin mendidik dan menguji kita tentang arti sebuah perjuangan dan pengobanan serta semangat untuk mengejar impian. 

Jika tidak seperti itu hidup akan terasa hampa dan hambar. Namun meski demikian tidak sedikit diantara kita yang tidak memahaminya. Sehingga ketika dibenturkan dengan masalah kita langsung menyerah dan kalah dan menganggap itu adalah akhir dari segalanya. Padahal ketika sedikit saja kita mau membuka mata dan hati begitu banyak orang di luar sana yang memiliki masalah tapi ia tak mau menyerah. Ia tak mau kalah oleh masalah tetapi sebaliknya ia akan mengalahkan masalah yang selalu menimpa.

Saudaraku mari bangun pondasi untuk selalu menyemangati diri. Jangan berputus asa justru jadikan masalah sebagai pemecut diri agar berjaya dikemudian hari. Ingat kita tidak sendiri justru kita selalu didampingi.  Ada Tuhan sang pemilik jagat raya dan kita sebagai salah satu ciptaannya. Percayalah kepadaNya. Dengan percaya kepadaNya membuat hidup  lebih semangat karena segala sesuatu tentu adalah dalam lindungan dan rahmatNya.

Pernahkah kita menaiki sebuah pesawat dan duduk nyaman tanpa kekhawatiran. Meski kita tidak melihat dan mengenal pilotnya namun kita yakin bahwa pilot tersebut akan mengantarkan kita pada tujuan dengan selamat. Meski gunjangan akibat angin dan awan yang menghadang tetapi rasa percaya tersebut tidak pernah hilang. Lalu bagaimana antara kita dengan Tuhan Sang pencipta. Bukankah Ia adalah Sang pemilik alam semesta dan seisinya. 

Tidak ada yang tidak mungkin ketika Tuhan berkehendak. Ketika kita selalu berusaha maka tujuan yang yang kita impikan akan segera terwujud. tetapi perlu ditekankan Tuhan tidak akan mewujudkan apa yang kita inginkan ketika kita berbuat sesutu yang berbenturan dengan apa yang dikehendakiNya. Oleh karena itu lakukan sesuatu dengan cara yang telah Tuhan tetapkan bukan dengan cara kita sendiri sebagai makhluk yang serba kekurangan.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.