Header Ads


Pusat Riset Pendidikan Indonesia

Pusat Riset Pendidikan Indonesia (Purisdiki) merupakan pusat riset bersifat nirlaba yang terkait dengan pendidikan di Indonesia yang didirikan oleh para pegiat pendidikan. Aktifitas pusat riset ini adalah melakukan riset dan publikasi hasil riset tentang pendidikan baik dalam bentuk artikel jurnal maupun artikel populer / artikel singkat. Munculnya purisdiki berawal dari sebuah grup facebook yang bernama asosiasi peneliti pendidikan Indonesia yang diinisiasi oleh Irham Yuwanamu dan para tim dalam kumpulan atau komunitas para pengamat, pemerhati, dan peneliti pendidikan di Indonesia dan purisdiki sebagai media online untuk mempublish artikel-artikel populer maupun artikel ilmiah yang bertemakan pendidikan Indonesia. Tujuannya adalah untuk menyumbangkan tulisan-tulisan yang bermanfaat tentang pendidikan di Indonesia dari berbagai sudut pandang, baik dalam konteks masa lalu, sekarang atau masa depan. Diharapkan adanya media ini dapat berkontribusi untuk menjadi rujukan memotret dan memajukan pendidikan Indonesia. 

Media ini terbuka untuk masyarakat Indonesia yang berkeinginan menjadi tim peneliti maupun kontributor. Untuk menjadi tim peneliti ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi:
  1. Mengirimkan usulan melalui email dan megisi formulir yang diberikan
  2. Sanggup menulis minimal 3 artikel per bulan
  3. Tim peneliti tidak dibayar karena ini sifatnya nirlaba
  4. Tim peneliti akan disebut dalam media ini sebagai tim peneliti tetap
  5. Tim peneliti tetap bisa menjadikan media ini sebagai afiliasi 
Adapun kontributor adalah orang yang bisa sewaktu-waktu mengirimkan artikelnya tanpa dibatasi ketentuan di atas. Kontributor dapat mengirimkan tulisan dengan berbagai tema pendidikan, misalnya melaporkan kondisi pendidikan di daerahnya, keunikan-keunikan pendidikan di pesantren atau di sekolah, mengkritisi kebijakan pemerintah dan lainnya.  Artikel yang dikirim akan diseleksi dan diedit terlebih dahulu tanpa mengurangi substansi. Semua artikel yang dipublish atas tanggung jawab penulisnya.

Pengusulan sebagai tim peneliti maupun kontribusi artikel dapat dikirimkan ke email berikut ini: 
tim@purisdiki.id atau purisdiki@gmail.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.