Header Ads


Tim Peneliti

Purisdiki merupakan pusat riset bersifat nirlaba yang mengambil konsentrasi tentang pendidikan di Indonesia. Aktifitas pusat riset ini adalah melakukan riset dan publikasi hasil riset tentang pendidikan baik dalam bentuk artikel jurnal maupun artikel populer/artikel singkat. Selebihnya terkait dengan profil singkat dari purisdiki dapat dilihat pada menu ABOUT. Berikut di bawah ini profil singkat para tim riset PURISDIKI:

1. Irham ;

Pekerjaan: Dosen di Universitas Islam "45" Bekasi pada Fakultas Agama Islam di Prodi Pendidikan Agama Islam. Selain itu juga sebagai dosen luar biasa di UNU Indonesia pada fakultas agama Islam, khususnya di Prodi PAI. Konsentrasi riset: Agama, Multikulturalisme, Sosiologi, Pendidikan Agama Islam dan Politik Pendidikan. Biodata selengkapnya...




2. Iksan Kamil Sahri

Iksan Kamil Sahri, adalah Ketua LPPM STAI Al Fithrah, Surabaya, Lulusan S1 dan S2 UIN Sunan Ampel Surabaya ini sekarang sedang menyelesaikan program doktoralnya di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Australian National University (Pies Program). Selain aktif menulis artikel-artikel lepas di berbagai media cetak dan elektronik serta menjadi Pimred Jurnal Tarbawi STAI Al Fithrah, dia juga tercatat sebagai seorang fasilitator pemberdayaan masyarakat dan memperoleh sertifikat dalam bidang yang sama dari Coady International Institute, St. Francis Xavier University, Canada. Buku-buku yang pernah ditulis dan dieditori diantaranya adalah Fiqih Akhlaqi (2010), Manajemen Pendidikan Islam (2013), Pluralisme dan Islam Moderat NU untuk Indonesia (2014), Perawan: Konsep Islam dan Persepsi Muslimah Muda (2014), Falsafah Jawa (2014), Fiqh al Khamsah (2015), dan Islam Komprehensif (2015).

3. Akmal Rizki Gunawan Hasibuan

Akmal Rizki Gunawan Hasibuan, anak muda ini lahir tanggal 10 April 1992 di Rantau Prapat, Sumatera Utara. Ia menyelesaikan Program Studi Tafsir-Hadis Internasional (THI) Fakultas Ushuluddin IAIN Sumatera Utara Medan pada tahun 2014. Merasa tidak puas dengan ilmu yang ada, akhirnya pada tahun yang sama, ia melanjutkan studi dalam Program Magister (S2) di Fakultas Studi Islam konsentrasi Tafsir Interdisiplin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setahun menyelami dunia keilmuan di Jakarta, sungguh menyadarkannya betapa sempit keilmuan yang dimiliki dibandingkan dengan teman-temanya. Pada tahun 2015 ia berhasil lulus menjadi salah satu peserta Pendidikan Kader Mufassir (PKM) ANGKATAN XI yang diselenggarakan oleh lembaga Pusat Studi Al-Quran (PSQ) Jakarta selama 6 bulan, langsung di bawah asuhan Prof. Dr. Quraish Shihab. Dan saat ini, ia aktif sebagai dosen di Universitas Islam 45 Bekasi (UNISMA). Di dalam negeri ia kerap kali diundang sebagai nara sumber di sejumlah komunitas dan pondok pesantren. Selain itu ia juga diundang untuk menjadi pengisi tausyiah Ramadhan dalam program televisi “Cahaya Hati” ANTV. Adapun beberapa karya tulis yang bisa kita ketahui saat ini diantaranya adalah: Baldatun Thoyyibah Wa Robbun Ghofur (Kajian Tematik Dalam Tafsir Al-Misbah), Mutiara Al-Quran: Menyelami 25 Nilai-Nilai Kehidupan, Kontemplasi Motivasi: Integrasi Cinta dan Cita-cita. Bagi anda yang ingin memberikan komentar dan menghubungi penulis, silahkan mengirim email ke: akmalgunawangulen@yahoo.com/ no hp: 081281065110.

4. Abdul Ghofur

Lahir di Lamongan, 12 Januari 1983. Saat ini aktif sebagai dosen muda yang produktif bukan hanya menulis tetapi berkiprah dan terjun langsung ke masyarakat bawah melalui pengajian-pengajian baik di Majelis Taklim maupun masjid atau musolah-musolah. Pendidikan S1 diselesaikan di UNISMA “45” Bekasi dan S2 di ICAS – Paramadina dan Pasca Sarjana UNISMA “45” Bekasi. Kecintaannya terhadap dunia pendidikan tidak meniscayakan berjuang dan mengabdi untuk agama, karena salah satu prinsipnya adalah “Jadikan profesi untuk berdakwah bukan dakwah sebagai profesi”. Di samping sebagai salah satu dosen di UNISMA “45” Bekasi, saat ini juga aktif dalam kegiatan sosial keagamaan yang berada di Jakarta, Majelis Dzikir As-Samawaat pimpinan Syaikh KH. Sa’adih Al-Batawi. Dosen yang sangat tamak terhadap ilmu pengetahuan ini berharap mendapat kesempatan melanjutkan program Doktoral di salah satu kampus terkemuka di negeri ini. Saat ini beliau tinggal di Bekasi, beberapa kali tulisannya telah dimuat di media cetak. Dosen yang memiliki akun Facebook dengan nama “Mas Punk” ini memiliki motto hidup “Mimpi yang kita miliki tidak akan pernah terwujud jika kita tidak pernah mencoba untuk menjadikan nyata”. Selain Imam Ghazali, tokoh yang menjadi idola dalam pemikiran Islam adalah Muhyiddin Ibn Arabi.

5. Dr. Amie Primarni

Lahir dan tumbuh besar di Jakarta. Ayahnya M. Tabrani asli Pamekasan, Madura. Ibu Siti Sumini asli Jogjakarta. Aktif sebagai Dosen, Pemerhati Pendidikan Holistik dan Komunikasi. Penulis Prolifik. Pemilik Mata Pena School. Kini tinggal di Komp Griya Depok Asri, Jawa barat, bersama suami Dr. Darmansyah M. Ak., dan empat anak. Karya yang sudah dihasilkan adalah Buku Pendidikan Holistik, 2013. Antologi: Quantum Belajar 2016, Antologi: Revolusi Menulis 2017, Antologi: Pendidikan Karakter 2017. Antologi : Skenario Tuhan Lebih Elegan 2017, Antologi : Alumni Sekolah Perempuan 2017, Antologi Jodoh. Dr. Amie bisa dihubungi di website-nya: www.amieprimarni.com dan facebook: https://www.facebook.com/amie.primarni. Biodata selengkapnya...

6. Farhan at-Thoyyib al-Blitary

Nama : Farhan at-Thoyyib al-Blitary Lahir di Probolinggo tahun 1984, sekolah dasar sampai menengah di kabupaten Probolinggo Jawa Timur. S1 dan S2 diselesaikan di PTKIN, sekarang (UIN) Sunan Ampel Surabaya tahun 2008 & 2012. Mahasiswa Program Doktor Pengkajian Islam di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2014-Sekarang. Pekerjaan Guru Madrasah Aliyah Swasta di Kota Probolinggo 2009-2014. Dosen Tetap di PTKIS IAI Nurul Jadid Paiton Probolinggo Jawa Timur 2014-sekarang. Konsentrasi riset: Agama, Sosiologi, Pendidikan, dan Komunikasi.

7. Khairul Azan

Khairul Azan, M.Pd lahir di Bengkalis, Riau 17 Desember 1989. Pendidikan formal jenjang S1 diselesaikan pada tahun 2011 dengan mengambil Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, danS2 dibidang Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada tahun 2014. Pengalaman kerja diantaranya sebagai Konsultan Keuangan PT. Millenium Penata Future, tenaga pengajar di SMP 04 Air Tiris Riau, Dosen UPI Bandung, Politeknik Piksi Ganesha Bandung, Tenaga Ahli Direktorat SMP Kemendikbud, Tenaga Ahli Direktorat Otonomi Daerah Kemendagri, dan Saat ini penulis terdaftar sebagai Dosen tetap di Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAIN Bengkalis.

8. M. Khoirudin

M. Khoirudin, lahir di Bandar Agung 12 Desember 1990, pernah dibesarkan di lingkungan keluarga yang sederhana dan agamis. Mulai menulis pada Tahun 2015 dalam Jurnal Nasional. Riwayat pendidikan SI UIN Lampung (2012), dan S2 Universitas Muhammadiyah Metro (2015). Pengabdian dimulai dari tahun 2013 menjadi guru di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Kejuruan. Setelah selesai studi pada tahun 2015 di Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro penulis diangkat menjadi dosen di Universitas Nahdlatul Ulama Lampung.


9. Abdul Halim Fathani

Aktivitas sehari-hari yang ditekuni -di samping mengajar di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang- adalah berupaya istiqamah menulis. Selain dipublikasikan di berbagai media massa/media online, tulisan anggota Komunitas SPN (Sahabat Pena Nusantara) ini juga diterbitkan dalam bentuk buku. Di antaranya Hitam Putih Pendidikan, Hakikat Matematika, Mukjizat Angka dalam Al-Qur’an. Beberapa tulisannya juga diterbitkan dalam Jurnal ilmiah, di antaranya Jurnal el-Qudwah, Jurnal Pendidikan Matematika, Jurnal Review Pendidikan Matematika, Jurnal Edusains, dan Prosiding Seminar. Juni 2017, ia mengorganisir para penulis yang memiliki latar belakang matematika dan pemerhati matematika untuk bersama-sama menguatkan literasi matematika dengan mendirikan sebuah komunitas yang diberi nama Forum Literasi Matematika (forLIMA). Korespondensi via email: fathani@unisma.ac.id

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.